3 Elemen Pemasaran Online
Setelah Anda memiliki Online Shop langkah selanjutnya adalah
memasarkan produk Anda. Agar pengunjung toko Anda banyak, ada 3 Tips dasar yang
harus Anda perhatikan:
1. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode mengoptimalkan Online
Shop Anda agar muncul pada
halaman awal mesin pencari seperti Google. SEO dapat Anda ibaratkan seperti
layaknyasign board (papan nama) pada toko offline.
Misalnya jika Anda ingin membeli perkakas kamera diantara sederetan toko
kamera, toko mana yang akan anda pilih?. Tentunya toko yang sign
board-nya paling menarikkan?.
Dalam dunia maya, sign board yang paling menarik adalah Online Shop yang muncul pada halaman awal mesin
pencari. Karena itu perhatikan hal-hal seperti nama toko, nama produk, serta
deskripsi setiap produk. Semakin relevan kata kunci yang Anda pilih, semakin
baik urutan Online Shop Anda
pada mesin pencari.
2. Konten
Konten atau kandungan
dari suatu situs adalah raja dalam pemasaran menggunakan media apapun di
internet. Konten seperti layaknya brosur, katalog, atau SPG pada Online Shop, fungsinya memberikan edukasi
kepada pengunjung mengenai produk, layanan, atau hal apapun yang berkaitan
dengan toko Anda. Dalam dunia maya, kebanyakan pengunjung website atau Online Shop Anda tidak akan perduli siapa Anda.
Mereka hanya perduli apa manfaat untuk mereka.
Jika Online ShopAnda hanya berisi foto-foto produk, deskripsi dan harga, maka
tidak ada manfaat lebih yang pengunjung dapatkan (kecuali harga Anda SANGAT
murah.) Maka isilah Online Shop Anda
dengan konten bermanfaat. Tulislah blog, berikan informasi yang tepat,
edukasilah pasar Anda.
3. Social Media
Social media (seperti twitter,
facebook) merupakan sarana yang baik sekali untuk membangun basis pelanggan
yang loyal. Social media jika digunakan dengan tepat dapat
mendatangkan pembeli yang baru, menjaga pembeli yang lama, serta memberikan
dampak yang baik untuk SEO. Saat ini, sulit sekali menemukan pelanggan yang
tidak memiliki akun Facebook dan perusahaan atau merek yang tidak memiliki akun
Twitter. Karenanya social media dapat membuat Online Shop Anda semakin terhubung dan mudah untuk
berkomunkasi dengan pelanggan serta membangun komunitas.
Kesimpulan
Ketiga Tips diatas
berhubungan sangat erat. Konten yang baik dan di-update secara
berkala merupakan senjata SEO yang dahsyat serta sarana yang baik untuk
menambah jumlah teman ataufollower pada akun social
media Anda.
Percakapan yang aktif di Twitter juga akan memperbaiki peringkat Anda di mesin
pencari. Pertanyaan yang sering ditanyakan di Facebook Anda dapat menjadi ide
konten yang baik di blog. Semua berhubungan.
Karena itu optimalkanlah
ketiga Tips ini untuk mendongkrak pengunjung (dan tentunya penjualan) ke Online
Shop Anda. (hot.yukbisnis.com)
0 komentar: