Cara Berjualan Online Yang Laris
Bagi toko online yang baru, persoalan penjualan merupakan tantangan
tersendiri. Ya kurang lebih sama seperti ketika kita buka sebuah toko,
pasti tak langsung ramai. Kecuali, mau menggenjot baik lewat soft launch
dan hard launch serta program pemasaran lainnya yang dibarengi dengan strategi
pemasaranyang tepat.
Meski demikian, tak perlu berkecil hati. Selalu ada jalan bagi orang yang
mau berusaha.
1. Membangun kepercayaan.
Inilah hal
paling penting pertama untuk berjualan online yang laris.
Kepercayaan konsumen merupakan syarat mutlak untuk membangun bisnis online yang
sukses. Pengunjung yang pertama kali datang mungkin di benaknya masih
terpikir, “ini benar jualan tidak? atau jangan-jangan…”
Sebab web anda bukan Amazon atau web-web besar lainnya yang orang akan langsung percaya untuk membeli produk yang dipajang, maka anda harus pelan-pelan membangun kepercayaan konsumen tersebut. Tunjukkan bahwa anda mudah dihubungi baik dengan mencantumkan alamat, nomer handphone, dan jalur komunikasi lainnya. Ini paling tidak akan mudah menambah rasa percaya orang pada penjualan yang anda lakukan.
Sebab web anda bukan Amazon atau web-web besar lainnya yang orang akan langsung percaya untuk membeli produk yang dipajang, maka anda harus pelan-pelan membangun kepercayaan konsumen tersebut. Tunjukkan bahwa anda mudah dihubungi baik dengan mencantumkan alamat, nomer handphone, dan jalur komunikasi lainnya. Ini paling tidak akan mudah menambah rasa percaya orang pada penjualan yang anda lakukan.
2. Kumpulkan kontak
prospek.
Ini sangat penting agar anda bisa hubungi mereka kembali kapanpun.
Tempatkan form email agar pengunjung bisa mudah menjadi subscriber anda.
Dan tak hanya itu, terus upayakan agar semakin banyak yang mau menjadi
subscriber anda dengan senang hati.
3. Buat kesan pertama.
Buat pengunjung
terkesan ketika pertama kali berkunjung ke web anda. Karena itu penting
memiliki web yang bisa membuat membuat pengunjung tertarik. Terutama pada landing page anda. Kesan tersebut selain
dibangun dari desain web
dan copywriting, juga dari penawaran yang anda berikan.
4. Promosi.
Intinya ada dua, yaitu promosi berbayar dan tidak
berbayar. Nah, pantau terus aktivitas promosi tersebut untuk mendatangkan high
quality prospect pada web anda.
5. Periksa kembali
proses penjualan bisnis online.
Anda perlu mengevaluasi bagaimana proses penjualan yang terjadi di web anda.
Bila perlu, sangat baik untuk melakukan split test halaman penawaran pada
web anda.
Coba ACTION-kan lima saran di atas agar penjualan online anda meningkat.
Dan mungkin ada yang menambahkan untuk persoalan cara berjualan yang laris
seperti yang dialami di atas?
0 komentar: